Mana Yang Lebih Baik Dan Cepat Diantara PostgreSQL dan MySQL?

PostgreSQL vs MySQL , Database Mana Yang Lebih Baik?



SQL adalah bahasa yang paling populer untuk menambahkan, mengakses, dan mengelola konten dalam database. Paling terkenal karena prosesnya yang cepat, keandalan yang telah terbukti, kemudahan dan fleksibilitas penggunaan. 

Perkenalan Singkat PostgreSQL.

PostgreSQL adalah Database Dengan Jenis ORDBMS.

ORDBMS adalah singkatan dari Object-Relational Database Management System. ORDBMS adalah sistem manajemen basis data yang merupakan gabungan antara model berorientasi objek (OODBMS) dan model relasional (RDBMS). Masing-masing dari dua model memiliki kekuatan dan kelemahan mereka. Dengan menggabungkan dua model, DBMS dapat memanfaatkan berbagai kekuatan dari masing-masing model.

Perkenalan Singkat MySQL.

MySQL adalah Database Dengan Jenis Relational Database Management System (RDBMS) yang tersedia secara bebas yang menggunakan Structured Query Language (SQL). 

MySQL adalah bagian penting dari hampir setiap aplikasi PHP open source. Contoh bagus untuk skrip berbasis PHP & MySQL adalah WordPress, Joomla, Magento, dan Drupal.

RDBMS adalah jenis database yang mendukung relasi antar tabel dengan menggunakan constraints seperti Primary Key dan Index.


Sudah cukup penjelasan RDBMSnya dari PostgreSQL dan MySQL.
Sekarang Penjelasan Tentang Apa Itu OODMS dibawah ini,

Apa Itu OODBMS.

OODBMS adalah singkatan dari Object-Oriented Database Management System. Sistem manajemen database berorientasi objek (juga dikenal sebagai objek database) adalah DBMS di mana data direpresentasikan dalam bentuk objek, 

seperti yang digunakan dalam pemrograman berorientasi objek. Berbeda dengan sistem manajemen basis data relasional (RDBMS), di mana data disimpan dalam tabel dengan baris dan kolom, database berorientasi objek menyimpan data yang kompleks dan hubungan antara data secara langsung, tanpa pemetaan ke baris dan kolom relasional. Salah satu manfaat dari database berorientasi objek adalah bahwa, ketika terintegrasi dengan bahasa pemrograman berorientasi objek, ada konsistensi yang jauh lebih besar antara database dan bahasa pemrograman. Keduanya menggunakan model representasi yang sama untuk data.

Ini berbeda dengan basis data relasional, di mana, ada perbedaan yang berbeda antara model basis data dan model pemrograman. Beberapa OODBMS dirancang untuk bekerja dengan bahasa pemrograman lain (seperti Java, Python, Perl, Delphi, Ruby, C #, Visual Basic .NET, C ++, dll). Yang lain memiliki bahasa sendiri. Beberapa DBMS adalah gabungan dari OODBMS dan RDBMS, dan oleh karena itu disebut sebagai database objek-relasional (ORD) atau sistem manajemen database objek-relasional (ORDBMS).

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Selama sepuluh tahun terakhir, para pengembang dan ahli dalam bidang teknologi telah membuat penelitian untuk membandingkan antara MySQL dan PostgreSQL.
Mereka yang mendukung PostgreSQL berpendapat bahwa standarnya mendukung dan kepatuhan ACID melebihi kecepatan MySQL. 
MySQL tetap populer karena banyak berada dalam setiap paket hosting Web Linux, yang berarti bahwa banyak pengembang Web telah menggunakan MySQL; tetapi sejak Oracle membeli Sun, yang memiliki hak cipta dan merek dagang MySQL, ada kekhawatiran yang meluas bahwa platform ini tidak begitu open-source seperti sebelumnya (Berbayar). Sementara itu, PostgreSQL tidak hanya menjadi lebih cepat, tetapi juga mendukung format data JSON, menjadikannya salah satu dari sedikit basis data relasional yang juga mendukung NoSQL .
Perbandingan :
Kompatibel dengan Standar ANSI?
Dibandingkan dengan versi sebelumnya, MySQL telah membuat kemajuan di bidang standar; filosofi di balik MySQL adalah bahwa mereka akan mendukung ekstensi non-standar jika pelanggan menyukainya. Tetapi dengan PostgreSQL, standar dibangun ke platform sejak awal, sedangkan MySQL menambahkannya nanti.

Sepenuhnya ACID?

PostgreSQL memiliki satu mesin penyimpanan; MySQL memiliki sembilan, tetapi hanya dua yang benar-benar penting bagi sebagian besar pengguna: MyIsam dan InnoDB. MyIsam adalah mesin asli, dibuat untuk kecepatan, tetapi tidak memiliki transaksi; InnoDB memiliki transaksi dan lebih cepat daripada MyIsam, itulah sebabnya mesin penyimpanan default. Baik InnoDB dan PostgreSQL MySQL sepenuhnya kompatibel dengan ACID, jadi tidak ada perbedaan di antara kedua platform tersebut.

Tabel Berubah Tanpa Mengunci

MyIsam menggunakan penguncian meja untuk mendapatkan kecepatan. Tidak masalah jika banyak sesi melibatkan membaca; tetapi ketika menulis ke meja, sesi penulisan mendapat akses eksklusif dan sesi lain harus menunggu sampai selesai. Tapi PostgreSQl dan InnoDB keduanya menggunakan penguncian tingkat baris ... jadi sekali lagi, ini jauh dari masalah.

Subquery Dapat Bermasalah

Subquery adalah salah satu kelemahan utama MySQL untuk waktu yang lama; itu terkenal karena tersesat dengan dua atau lebih tingkat sub-pertanyaan. Namun, sejak 5.6.5, telah ada peningkatan besar — ​​tetapi PostgreSQL masih dianggap lebih baik untuk melakukan subquery terutama karena MySQL tidak mendukung Full Outer Joins.
Pemenang: PostgreSQL

Dukungan JSON dan NoSQL

Ini adalah tambahan terbaru untuk PostgreSQL, dan itu membuat platform lebih menarik bagi siapa saja yang ingin mencoba NoSQL dan menyimpan file JSON dalam database. Ini memberikan fleksibilitas yang lebih besar tentang bagaimana data disimpan dibandingkan dengan database relasional tradisional; dengan PostgreSQL, Anda dapat memiliki yang terbaik dari semua dunia.
Pemenang: PostgreSQL

Perizinan yang lebih baik

PostgreSQL memiliki lisensi bergaya MIT yang memungkinkan Anda melakukan apa saja, termasuk penggunaan komersial di sumber terbuka atau tertutup. Dengan MySQL, di sisi lain, pustaka klien adalah GPL, jadi Anda harus membayar biaya komersial ke Oracle atau memasok kode sumber aplikasi Anda. (Itu kurang masalah ketika menggunakan MySQL di situs web; MariaDB menggunakan lisensi GPL 2 tetapi juga memiliki lisensi LGPL yang kurang ketat untuk pustaka Klien MySQL.)
Pemenang: PostgreSQL

Integritas Data yang Lebih Baik

PostgreSQL selalu ketat untuk memastikan data valid sebelum memasukkan atau memperbaruinya. Sedangkan dengan MySQL, Anda perlu mengatur server ke mode SQL yang ketat (STRICT_ALL_TABLES atau STRICT_TRANS_TABLES), jika tidak nilai yang disesuaikan akan dimasukkan atau diperbarui.
Pemenang: PostgreSQL

Memperluas Server

Kedua database memungkinkan Anda untuk memperpanjang server. MySQL memiliki API plugin untuk C / C ++ atau bahasa yang kompatibel dengan C. Anda bahkan dapat melakukan pencarian teks lengkap di InnoDB dari MySQL 5.7.3 dan seterusnya. PostgreSQL memiliki sistem yang serupa tetapi juga mendukung berbagai bahasa termasuk C / C ++, Java, .Net, Perl, Python , Ruby, Tcl, ODBC dan lainnya; bahkan dimungkinkan untuk menjalankan kode yang disediakan pengguna dalam proses terpisah, yaitu berjalan sebagai pekerja latar belakang.
PostgreSQL juga mendukung informasi tentang tipe data, fungsi dan metode akses dalam katalog sistem bersama dengan informasi biasa tentang database, tabel, dan kolom yang dimiliki oleh semua database relasional. Pengguna dapat memodifikasi tabel katalog sistem ini untuk memperpanjangnya.

Kesimpulan

MySQL telah melakukan pekerjaan yang bagus untuk meningkatkan dirinya agar tetap relevan, tetapi diharuskan mendukung PostgreSQL. Ada sedikit kerumitan dengan perizinan, tipe data khusus, pewarisan tabel, sistem aturan, dan acara basis data.

Sumber : 
  1. https://insights.dice.com/2015/03/19/why-i-choose-postgresql-over-mysqlmariadb/
  2. https://www.siteground.com/tutorials/php-mysql/mysql/
  3. https://database.guide/what-is-an-oodbms/

0 comments:

Post a Comment